Deklarasi Variabel dan Variabel Dinamis didalam PHP

Dalam membuat suatu program baik itu web programming atau desktop programming banyak sekali yang mengeluh atau stuck ditengah jalan saat membuat project atau program yang akan dibuat dan seringkali tidak sesuai dengan, dikarenakan kita tidak paham betul basic atau dasar -dasar dari bahasa pemograman yang kita pakai, dalam hal ini saya akan menjelaskan tentang Deklarasi Variabel dan Variabel Dinamis dalam PHP.
Tidak seperti bahas lain (C, atau C++), variabel di PHP bisa digunakan meskipun belum dideklarasikan. anda bisa ciptakan variabel kapan saja ketika memrlukan, kemudian menggunakanya. variabel ini akan tetap eksis selama program di eksekusi.
Penanaman variabel harus diawali dengan dollar ($) dan diikuti oleh nama ringkas. nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, tetapi bisa berisi angka dan karakter underscore (_). untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan variabel, perlu diketahui nama varibel bersipat case sensitive.

// deklarasi dan inisialisasi variable
$result = 1 + 5;           //valid
$RESULT = 2 + 5;           //valid, beda dengan $result
$_result = 3 + 5;          //valid
// deklarasi dan inisialisasi variable
$1 = 1 + 5;                //tidak valid
$^ = 2 + 5;                //tidak valid
$#res = 3 + 5;             //tidak valid

Tanda dollar berfungsi untuk membantu anda dalam membedakan variabel dengan fungsi dan keyword PHP. perhatikan tanda dollar adalah bagian dari nama variabel, atau bisa kita katakan sebagai suatu operator yang mengacu ke momori.
Di PHP anda juga bisa menciptakan nama variabel secara dinamis yakni menggunakan sintak varibel - variabel (double variabel). variabel variabel mengambil nialai dari suatu variabel dan memperlakukannya seperti nama variabel. contohnya :

$a = "hello";
$$a = "world";

Tanda double dollar ($$) adalah sintak yang digunakan untuk menuliskan suatu variabel variabel. variabel yang juga disebut variabel dinamis ini dipanggil melalui dua cara .

//memanggil variabel dinamis 
echo "${$a}"; //mencetak world
//ekuivalen dengan berikut :
echo "$Hello"; //Mencetak world
//memaggil semua (kedua) variabel
echo "$a $Hello"; //mencetak Hello WOrld

Ok saya kira cukup sampai disini untuk membahas tentang variabel PHP semoga bermanfaat...
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment